Keindahan Wisata Waduk Sermo Kulon Progo


Keindahan Wisata Waduk Sermo Kulon Progo




    Waduk Sermo merupakan salah satu destinasi wisata yang selalu ramai setiap akhir pekan dan musim liburan tiba. Waduk sermo di bangun pada tahun 1994 sampai 1996 dan di resmikan pada tanggal 20 November 1996 oleh presiden Soeharto. Waduk sermo menyediakan tempat untuk foto yang bagus dan berlatar belakang waduk tersebut. Jika anda berkunjung ke waduk sermo pada saat musim kemarau anda bisa camp di pinggiran waduk. untuk harga masuk waduk sermo cukup murah sekitar 5-10 ribu saja tergantung kendaraan.

     Bagi warga Yogyakarta khususnya warga Kulon Progo pasti sudah tidak asing lagi nama waduk Sermo. Waduk yang di buat para masa pemerintahan presiden Soeharto dan di resmikan pada pada tanggal 20 November 1996. Waduk sermo juga menjadi spot mincing paling favorit untuk para pemancing, karena di waduk sermo ini di dominasi oleh ikan nila, tombro, gurameh dan red devil dan lain-lain.
     Berada di atas perbukitan menoreh yang berbatasan langsung dengan hutan suaka marga satawa sermo, membuat waduk sermo ini menjadi sangat asri, sebelum memasuki waduk sermo ini kalian akan melihat jalan menuju waduk sermo yang bisanya di gunakaan oleh kaum muda untuk sekedar foto ria dan ada juga yang menggunakan lokasi tersebut untuk foto prewedding.


Tempat unik di Waduk Sermo

Sejak diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 20 November 1996, waduk sermo juga beroprasi menyalurkan air bersih ke area penduduk sekitar, dan beberapa temnpat di sana di gunakan untuk wisata air, anda bisa berkeliling waduk sermo menggunakan sampan yang sudah di sediakan oleh pihak pengelola, untuk harganya sendiri tergolong masih murah.
Lokasinya berada di perbukitan yang masih alami, anda juga memanfatkan pinggiran waduk sermo untuk camping, jika anda ingin camping di sana sebaiknya saat musim kemarau, Saat kemarau kalian dapat melihat waduk sermo pada saat air sedang surut di mana pulau-pulau kecil akan bermunculan. Untuk tarif camp di waduk sermo sendiri cukup murah yaitu 5 ribu per orang.
Selain itu, para wisatawan juga bisa menikmati wahana perahu yang bisa disewa dengan biaya terjangkau. Di sekitar Waduk Sermo Kulonprogo banyak lokasi wisata lainnya yang bisa dikunjungi seperti Gardu Pandang, Spot Foto, Taman, Bukit dan lokasi wisata lainnya.
Bentuk Waduk Sermo Kulonprogo dengan jalan aspal yang dibuat mengitari waduk serta terdapat beberapa jembatan membuat wisatawan bisa mendekat ke Waduk dan menyaksikan pemandangan alam sekitar yang terhampar di sana.

Pict:jejakpinik.com



Pict:dolanyok.com



Pict:doalmyok.com

Rute Menuju Waduk Sermo

Waduk Sermo ini berlokasi di desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk menuju waduk sermo anda bisa menggunakan goggle map, untuk rute menuju waduk sermo sendiri sekarang cukup mudah, yang dahulunya jalan masih seperti jalan desa sekarang sudah seperti jalan kota yang halus.
Rute menuju waduk sermu paling mudah adalah melalui jalan wates. dari pusat kota jogja ambil arah menuju jalan wates. Ikuti saja jalurnya, setelah sampai di patung kuda ambil kanan ke arah alun-alun. Lalu diteruskan ke arah barat alun-alun menuju arah waduk sermo. Jarak dari pusat kota yogya sampai di waduk sermo sekitar 35 km saja  dengan ekstiminasi waktu sekitar 1 jam untuk sampai di waduk sermo.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel